INVESTMENT GRADE


Pengertian dari investment grade itu sendiri adalah kategori bahwa suatu negara atau perusahaan dianggap memiliki kemampuan yang cukup untuk membayar utangnya. (HERE ). 
Istilah “investment grade” merujuk kepada sebuah peringkat atau rating yang menunjukkan utang pemerintah atau perusahaan memiliki risiko yang relatif rendah dari peluang default atau gagal bayar, sehingga memiliki tingkat kepercayaan yang berkelanjutan dalam jangka panjang.( http://www.bisnis.com ) 
Penggunaan kata “investment grade” mengacu pada sebuah peringkat yang menunjukan utang pemerintah atau perusahaan yang memilki resiko yang relatif rendah dari peluang gagal bayar, sehingga memiliki tingkat kepercayaan yang berkelanjutan dalam jangka panjang. (http://kuncoromm.blogdetik.com) Gatot M Suwondo“ Menilai investment grade adalah kesempatan bagi perbankan untuk meningkatkan modalnya melalui pasar modal. Hal ini juga akan membuat bank lebih efisien dengan perolehan biaya modal yang lebih murah “. Standar and Poor Obligasi Investment Grade Sebuah credit default swap (CDS) adalah perjanjian bahwa penjual CDS akan mengkompensasi pembeli dalam hal standar pinjaman. Dalam hal default pembeli CDS menerima kompensasi (biasanya nilai nominal dari pinjaman), dan penjual CDS mengambil kepemilikan dari pinjaman gagal bayar. Investasi langsung asing (FDI) atau investasi asing mengacu pada arus masuk bersih investasi untuk mengakuisisi manajemen abadi (10 persen atau lebih dari saham berhak suara) dalam operasi perusahaan dalam perekonomian selain dari investor. Debottlenecking Hatta Radjasa " ...membuka hambatan (debottlenecking)..." Country Ceiling Ratings Negara peringkat langit-langit mencerminkan penilaian Fitch mengenai risiko modal dan pertukaran kontrol yang dipaksakanoleh otoritas berdaulat yang akan mencegah atau materialmenghambat kemampuan sektor swasta untuk mengubah mata uang lokal ke mata uang asing dan transfer ke non-residenkreditur - transfer dan konvertibilitas (T & C ) risiko. Mengingat korelasi erat antara kredit dan risiko berdaulat T & P,rating negara langit-langit mungkin menunjukkan tingkat yang lebih besar daripada volatilitas biasanya akan diharapkan ketika itu terletak di atas mata uang berdaulat rating asing Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution “Naiknya peringkat utang Indonesia menjadi investment grade akan membawa pengaruh positif terhadap perusahaan dalam negeri.” Sifat capital inflow akan berubah dari yang awalnya jangka pendek dan spekulatif menjadi jangka panjang. Tentunya, ini akan berdampak pada volatilitas rupiah yang jauh lebih bisa dikendalikan. 
Direktur Fitch's Asia-Pacific Sovereign Ratings Philip Mc Nicholas menjelaskan "Kenaikan peringkat tersebut mencerminkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup kuat, rasio utang publik yang rendah dan terus menurun, likuiditas eksternal yang menguat, serta kerangka kebijakan makro yang hati-hati" Fitch memproyeksikan pertumbuhan PDB Indonesia rata-rata bisa mencapai lebih dari 6 persen per tahun selama periode proyeksi (hingga 2013), di tengah situasi ekonomi global yang dililit resesi. Lembaga ini juga menilai ekonomi Indonesia yang berorientasi domestik berhasil menciptakan pertumbuhan yang relatif kuat tanpa menciptakan ketidakseimbangan eksternal. 
Nara Sumber : HERE | HERE | HERE | HERE | HERE | HERE | HERE | HERE  | HERE
Share on Google Plus

About Octa Dandy Saiyar

Kelahiran Jakarta keturunan asli Bukittinggi, Sumatera Barat .
07 Oktober 1983.



    Blogger Comment
    Facebook Comment

Twitter Feed