Gb. Kunjungan Bpk Fauzi Bowo "Live Chat Detik Forum" 2012 |
Assalamualaikum,
Beberapa pertanyaan saya rangkum di luar konteks hak cipta, namun berbagi informasi ke khalayak ramai, untuk jawaban saya repost jawaban Bpk Fauzi Bowo (Foke) Gubernur DKI Jakarta atas kunjungan "Acara Live Chat Detik Forum".
1. Opini mengenai "Bottle
Neck Streets" ?
Jawab :
" Masalahnya pada pembebasan
tanah, banyak sekali right of way jalan yang tidak bisa dibebaskan secara sempurna sehingga seringkali terlihat bottle neck di ruas2 tertentu,
berdasarkan peraturan yang lama, pemerintah tidak punya hak untuk memaksa.
Seringkali warga kalo mendengar tanahnya dibebaskan langsung minta harga yang
bukan2, sedangkan pemerintah daerah mempunyai patokan harga yang tidak bisa
dilanggar begitu saja. Sehingga pembebasan tidak dipaksa. Oleh karena itu
pemerintah daerah berinisiatif menambah jaring jalan dengan membangun jalan
susun, sperti jalan pangeran antasari dan jalan satrio. Ini baru awal dari
pemangunan jalan bersusun di Jakarta"
2. Opini mengenai " Makro
Transportation Pattern"
Jawab :
" Pola Transportasi Makro,
tulang punggung utamanya berbasis rel. Dari itu kita sedang berupaya keras
untuk meningkatkan kapasitas dan daya angkut kereta api, bekerjasama dgn PT.
KAI. Untuk jalur-jalur yg belum ada jaring relnya kita akan bangun jaring rel
baru, seperti halnya jalur MRT lebak bulus-kota yg akan dimulai pembangunannya
tahun ini dan mudah-mudahan akan mulai beroperasi pada akhir tahun 2016.
Semuanya ini memerlukan pendanaan yg sangat besar. Untuk itu pemerintah harus
mencari sumber dana yg murah dan sifatnya jangka panjang, yg pada saat ini
sangat sulit didapat. Sementara itu kemampuan yg kita miliki hanya cukup untuk
mengembangkan BRT atau Jaring Busway. Saya doakan anda panjang umur supaya bisa
naik MRT di Jakarta."
3. Opini Mengenai Pemindahan
Ibukota
Jawab :
"Saya berkoordinasi dengan
pemerintah pusat karena berhubungan dengan kewenangan pemerinta pusat. Pada
dasarnya kita sama-sama memahami bahwa membangun suatu ibukota yang baru akan
sangat membebani kemampuan ekonomi pemerintah dan bangsa Indonesia. Oleh
karenanya opsi yang kemungkinan besar paling visible adalah mengurangi beban
ibukota jakarta dengan memindahkan sebagian fungsi yang ada di Jakarta seperti
misalnya fungsi pusat pemerintahan ke lokasi baru yang tidak terlalu jauh dari
Jakarta. Contoh pola ini sudah berfungsi di Kuala Lumpur Putrajaya,
Malaysia."
4. Opini atas Reassign Wakil Gubernur
4. Opini atas Reassign Wakil Gubernur
Jawab :
"Sementara ini saya merasa belum perlu menanggapi. Banyak tugas lain khususnya yang berkaitan dengan kepentingan warga Jakarta dan aspirasi masyarakat, yang lebih penting saya perhatiakan dan saya tanggapi sampai masa akhir jabatan saya pada masa Oktober yang akan datang."
5. Opini atas URBANISASI
Jawab :
Saya memahami keragu-raguan anda.
Namun demikian data statistik menunjukkan, bahwa jumlah migrasi masuk ke
Jakarta sejak tahun 2005-sekarang berkurang secara drastis, angkanya adalah
sbb:
-2005: 180.767
-2006: 124.427
-2007: 109.617
-2008: 88.473
-2009: 69.554
-2010: 59.215
-2011: 51.875
Ini semua berkat kesadaran rakyat yg semakin meningkat dan juga hasil operasi yustisi
6. Opini atas Koridor
Busway
Jawab :
"Saya sependapat dengan
anda, memang setiap keputusan membangun koridor baru selalu akan dikaji dengan
hasil survey, namun demikian tidak smeua dilaksanakn secara namun yang diambil
adalah menguntungkan kepentingan publik"
7. Opini atas Kinerja Gubernur
Jawab :
"Saya bersyukur bahwa sampai
dengan detik ini Jakarta tetap aman dan terkendali, Kalaupun hari ini macet itu
penyebabnya di luar Jakarta. Banjirnya juga berkurang, dan yg lebih
penting lagi, ekonominya tumbuh dan berkembang dengan sehat. Index
pembangunan manusia Jakarta, yg paling tinggi dari seluruh Indonesia, bahkan
termasuk tinggi diantara kota-kota besar di Asia. Ini merupakan resultante dari
keberhasilan di bidang pendidikan, bidang kesehatan, dan lingkungan dalam arti
luas. Selebihnya saya kembalikan pada warga yang memberikan kepercayaan
kepada saya untuk menilainya."
8. Opini atas Disiplin Individu
Jawab :
Bos, saya setuju dengan pendapat
anda.
Memang aneh.... Orang Jakarta di Singapura patuhnya Naudzubillah, sebaliknya orang Singapura di Jakarta langsung kena virus tidak displin. Saya perlu lebih banyak lagi pasukan untuk mengakkan aturan dan disiplin di Jakarta. Idealnya, kalo semua warga bergabung dan mematuhi ketentuan yang berlaku. Khusus buat rokok kalo ada koordinasi berikutnya, saya undang anda untuk ikut ngomong dan bergabung.
Memang aneh.... Orang Jakarta di Singapura patuhnya Naudzubillah, sebaliknya orang Singapura di Jakarta langsung kena virus tidak displin. Saya perlu lebih banyak lagi pasukan untuk mengakkan aturan dan disiplin di Jakarta. Idealnya, kalo semua warga bergabung dan mematuhi ketentuan yang berlaku. Khusus buat rokok kalo ada koordinasi berikutnya, saya undang anda untuk ikut ngomong dan bergabung.
9. Opini atas "pemerkosaan
" di DKI Jakarta
Jawab :
Saya prihatin atas
kejadian-kejadian seperti ini, dari segi regulasi kita akan terus memperketat
aturan pengoperasionalisasian dan juga pengawasan di lapangan. Perlu saya
tambahkan, bahwa nantinya tidak ada lagi izin angkutan yg diberikan kepada
individu (hanya diberikan pada perusahaan), sehingga pertanggungjawabannya
lebih mudah, diharapkan. Juga nantinya kendaraan angkutan kecil kemungkinan
akan di konversikan menjadi bis-bis angkutan massa yg lebih besar.
10. Opini atas Pungutan
liar oleh OrMas
Jawab :
"Tidak benar kalau kami
membiarkan hal tersebut. Negara ini adalah negara hukum, di mata hukum siapapun
punya kedudukan yg sama, yg bersalah akan dituntut dan dikenakan sanksi sesuai
peraturan hukum yg berlaku"
11.Opini atas "Genangan Air
"
Jawab :
" Kalo hujan deras 3 hari
gak berhenti-henti di Jakarta ditambah lagi hujannya tidak berhenti di kawasan
"hulu" maka mungkin dipastikan akan bertambah banyak, karena itu kita
berharap agar curah hujannya tidak separah itu. Sementara upaya perbaikan
prasaran dan sarana pengendalian banjir terus diupayakan.
Sementara ini dari kawasan rawan banjir di Jakarta masih ada kurang lebih 62, yang tahun ini dan tahun 2013 akan kita tuntaskan. Selain daripada itu masih ada 123 titik rawan genangan di jalan-jalan utama Jakarta, ini pun akan tuntas dalam tahun ini dan tahun depannya."
Sementara ini dari kawasan rawan banjir di Jakarta masih ada kurang lebih 62, yang tahun ini dan tahun 2013 akan kita tuntaskan. Selain daripada itu masih ada 123 titik rawan genangan di jalan-jalan utama Jakarta, ini pun akan tuntas dalam tahun ini dan tahun depannya."
12. Opini atas "Jalur
Jalan"
Jawab :
"Jalur jalan yg rusak secara
continue kita perbaiki, namun musuh utama dari aspal adalah air hujan, sehingga
perbaikan yg kita lakukan selama musim hujan ini acap kali rusak kembali.
Segera setelah musim hujan selesai, kami akan lakukan perbaikan secara
permanen. Untuk sementara saya minta kita semua untuk lebih
berhati-hati."
13. Opini atas Pencalonan
Gubernur kembali
Jawab :
"Amanah yang saya terima
dari Allah SWT, sebagaimana manusia biasa segalanya kita kembalikan kepada Yang
Maha Kuasa. Terima kasih untuk doanya"
14. Opini untuk Kinerja Mendatang
bila terpilih kembali
Jawab :
" Pembangunan tidak berhenti
dengan berakhirnya masa jabatan seseorang. Apa yang sudah baik perlu
dilanjutkan, yang kurang baik direview disempurnakan semuanya ini sebagian
besar sudah tercantum rencana pembangunan jangka menengah dan jangka panjang
ibukota Jakarta.
Yang perlu dijamin agar manfaat
sebesar-besarnya dapat dinikmati oleh masyarakat luas dan untuk itu pembangunan
di Jakarta akan lebih diarahkan agar berbasis pada komunitas-komunitas
(community based development)."
15. Opini atas kejahatan Angkutan
Umum.
Jawab :
"Saya prihatin atas
meningkatnya kejahatan yang dimaksud. Dari aspek regulasi, kami memperketat
aturan pengoperasian dan perizinan, kemudian pengawasan di lapangan akan
diperketat."
16. Opini atas "Air
Tanah" DKI Jakarta
Jawab :
"Kondisi air tanah Jakarta
memang memprihatinkan. Untuk itu, kita sudah memperketat peraturan pemanfaatan
khususnya air tanah dalam, dan hal ini diatur dengan Perda. Setiap pemanfaat
diharuskan membayar tarif yg cukup tinggi. Saya akui pengawasannya masih
kurang ketat. Perlu diketahui, bahwa untuk pemanfaatan air permukaan
(bukan deep well) tidak dikenakan biaya. Dan ini juga yg turut menyebabkan
penurunan permukaan tanah di sebagian wilayah Jakarta. Pemerintah daerah,
dalam waktu dekat akan membangun suatu pabrik penjernihan air baru di kawasan
Jatiluhur. Kemudian air ini akan disalurkan melalui pipa bawah tanah (75km)
langsung ke Jakarta. Kapasitasnya +/_ 9000m3/detik. Kalau air ini sudah
tersedia, maka kami akan larang semua pemanfaatan air tanah. Kita harus
membangun budaya bahwa air adalah sesuatu yg harus kita lestarikan. "
17. Opini atas "Penumpang
Wanita" Busway
Jawab :
" Yang penting penumpang
busway wanita akan kami perhatikan keselamatannya. Pengaturan alokasi tempat
sedang dalam proses evaluasi, mudah-mudahan ini cukup efektif "
18. Opini atas "Ducting
" DKI Jakarta
Jawab :
"Kondisi yang memprihatinkan
ini sudah berlangsung sejak lama. Sumber penyebabnya adalah pembiayaan proyek
yang tidak sinkron atau tidak mungkin digunakan pada saat yang bersamaan. Ini
berakibat in-efisiensi yang luar biasa. Jangka panjang Pemda DKI sudah merancang
Ducting dibawah tanah disepanjang jalur-jalur utama jalan Jakarta. Ini
memerlukan biaya yang sangat tinggi dan belum bisa dilaksanakan saat
ini.Apabila ducting tersedia maka semua pihak penyedia jasa utilitas harus
menyewa space didalam ducting tersebut sehingga cerita gali urug tidak lagi
mengganggu kota Jakarta."
19. Opini atas
"Sterillisasi Jalur " Busway
Jawab :
Sterilisasi jalur merupakan
prioritas peningkatan layanan busway mulai tahun 2012 ini. Ini akan dilakukan
tanpa pandang bulu. Karena layanan bussway ini antara lain juga menjadi tidak
menarik karena waktu tempuhnya tidak bisa dipastikan. Sekali lagi terima kasih
atas masukkan anda dan juga prihatin atas terjadi penyerobotan-penyerobotan
yang tidak bertanggung jawab. Kemudian akan memperbaiki layanan dengan
mengontrol headway / jarak antar bis, melalui tracking system komputer sehingga
dengan begitu palayanan akan lebih efisien, jumlah bis tahun akan ditambah.
Sebagian besar akan diganti dengan bis gandeng yang berkapasitas lebih besar.
20.. Opini atas " Karya Anak
Bangsa"
Saya sejak awal mendorong dan
memfasilitasi semua produk SMK yg berkualitas untuk mendapatkan sertifikasi yg
dibutuhkan agar produk tersebut dapat dipasarkan dan dibeli oleh siapa saja.
Sebagai contoh: notebook yg saya gunakan dan banyak digunakan di kantor-kantor
pemerintah kebanyakan sudah memakai produk SMK.
Untuk kendaraan, banyak SMK DKI Jakarta sudah mulai memproduksi jenis-jenis tertentu. Sejak 2 tahun lalu saya sudah memfasilitasi untuk mendapatkan sertifikasi kelayakan dari Kementerian Perindustrian. Begitu juga produk pesawat latih yg dihasilkan oleh salah satu SMK di Jakarta, saya dorong untuk mendapatkan sertifikasi kelayakan dari Lembaga yg berwenang.
21. Opini atas Electronic
Road Pricing dan Pajak Kepemilikan Kendaraan
Jawab :
"Pemda DKI tidak punya
kewenangan untuk melarang orang membeli mobil/motor. Yang kami berlakukan
adalah mengenakan pajak progresif bagi yg memiliki kendaraan lebih dari satu.
Regulasi ini memang belum efektif, oleh karena itu kami juga akan memberlakukan
pengaturan pembatasan penggunaan kendaraan untuk kawasan tertentu atau ruas
jalan tertentu pada waktu tertentu, dimana kendaraan diharuskan membayar
restribusi (electronic road pricing)."
22. Opini atas "Hobi Mobil
Antik"
"Saya memang jadi tukang
rawat mobil-mobil yg pernah dipakai oleh keluarga saya, mulai dari kakek sampai
yg ada sekarang. Meskipun saat ini banyak yg menawar dengan harga tinggi, saya
kurang paham apakah ini bisa dinilai sebagai investasi atau tidak. Yang jelas
mobil klasik belum tentu menarik untuk dipakai buat nyari pacar. Soalnya sering
mogok di jalan."
0 komentar:
Posting Komentar