LIVE CHAT WITH "GUBERNUR FAUZI BOWO - DKI JAKARTA" 2012


Kunjungan Bpk Fauzi Bowo "Live Chat Detik Forum" 2012

Assalamualaikum, 

Beberapa pertanyaan saya rangkum di luar konteks hak cipta, namun berbagi informasi ke khalayak ramai,  untuk jawaban saya repost jawaban Bpk Fauzi Bowo (Foke) Gubernur DKI Jakarta atas kunjungan "Acara Live Chat Detik Forum"




1. Opini mengenai "Bottle Neck Streets" ?

Jawab :

" Masalahnya pada pembebasan tanah, banyak sekali right of way jalan yang tidak bisa dibebaskan secara sempurna sehingga seringkali terlihat bottle neck di ruas2 tertentu, berdasarkan peraturan yang lama, pemerintah tidak punya hak untuk memaksa. Seringkali warga kalo mendengar tanahnya dibebaskan langsung minta harga yang bukan2, sedangkan pemerintah daerah mempunyai patokan harga yang tidak bisa dilanggar begitu saja. Sehingga pembebasan tidak dipaksa. Oleh karena itu pemerintah daerah berinisiatif menambah jaring jalan dengan membangun jalan susun, sperti jalan pangeran antasari dan jalan satrio. Ini baru awal dari pemangunan jalan bersusun di Jakarta"

2. Opini mengenai " Makro Transportation Pattern"

Jawab :

" Pola Transportasi Makro, tulang punggung utamanya berbasis rel. Dari itu kita sedang berupaya keras untuk meningkatkan kapasitas dan daya angkut kereta api, bekerjasama dgn PT. KAI. Untuk jalur-jalur yg belum ada jaring relnya kita akan bangun jaring rel baru, seperti halnya jalur MRT lebak bulus-kota yg akan dimulai pembangunannya tahun ini dan mudah-mudahan akan mulai beroperasi pada akhir tahun 2016. Semuanya ini memerlukan pendanaan yg sangat besar. Untuk itu pemerintah harus mencari sumber dana yg murah dan sifatnya jangka panjang, yg pada saat ini sangat sulit didapat. Sementara itu kemampuan yg kita miliki hanya cukup untuk mengembangkan BRT atau Jaring Busway. Saya doakan anda panjang umur supaya bisa naik MRT di Jakarta."

3. Opini Mengenai Pemindahan Ibukota 

Jawab :

"Saya berkoordinasi dengan pemerintah pusat karena berhubungan dengan kewenangan pemerinta pusat. Pada dasarnya kita sama-sama memahami bahwa membangun suatu ibukota yang baru akan sangat membebani kemampuan ekonomi pemerintah dan bangsa Indonesia. Oleh karenanya opsi yang kemungkinan besar paling visible adalah mengurangi beban ibukota jakarta dengan memindahkan sebagian fungsi yang ada di Jakarta seperti misalnya fungsi pusat pemerintahan ke lokasi baru yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Contoh pola ini sudah berfungsi di Kuala Lumpur Putrajaya, Malaysia."

4. Opini atas Reassign Wakil Gubernur 

Jawab :

"Sementara ini saya merasa belum perlu menanggapi. Banyak tugas lain khususnya yang berkaitan dengan kepentingan warga Jakarta dan aspirasi masyarakat, yang lebih penting saya perhatiakan dan saya tanggapi sampai masa akhir jabatan saya pada masa Oktober yang akan datang."      

5. Opini atas URBANISASI

Jawab :

Saya memahami keragu-raguan anda. Namun demikian data statistik menunjukkan, bahwa jumlah migrasi masuk ke Jakarta sejak tahun 2005-sekarang berkurang secara drastis, angkanya adalah sbb:

-2005: 180.767
-2006: 124.427
-2007: 109.617
-2008: 88.473
-2009: 69.554
-2010: 59.215
-2011: 51.875

Ini semua berkat kesadaran rakyat yg semakin meningkat dan juga hasil operasi yustisi

6. Opini atas Koridor Busway 

Jawab :

"Saya sependapat dengan anda, memang setiap keputusan membangun koridor baru selalu akan dikaji dengan hasil survey, namun demikian tidak smeua dilaksanakn secara namun yang diambil adalah menguntungkan kepentingan publik"

7. Opini atas Kinerja Gubernur

Jawab :

"Saya bersyukur bahwa sampai dengan detik ini Jakarta tetap aman dan terkendali, Kalaupun hari ini macet itu penyebabnya di luar Jakarta. Banjirnya juga berkurang, dan yg lebih penting lagi, ekonominya tumbuh dan berkembang dengan sehat. Index pembangunan manusia Jakarta, yg paling tinggi dari seluruh Indonesia, bahkan termasuk tinggi diantara kota-kota besar di Asia. Ini merupakan resultante dari keberhasilan di bidang pendidikan, bidang kesehatan, dan lingkungan dalam arti luas. Selebihnya saya kembalikan pada warga yang memberikan kepercayaan kepada saya untuk menilainya."
                               
8. Opini atas Disiplin Individu

Jawab :
Bos, saya setuju dengan pendapat anda.
Memang aneh.... Orang Jakarta di Singapura patuhnya Naudzubillah, sebaliknya orang Singapura di Jakarta langsung kena virus tidak displin. Saya perlu lebih banyak lagi pasukan untuk mengakkan aturan dan disiplin di Jakarta. Idealnya, kalo semua warga bergabung dan mematuhi ketentuan yang berlaku. Khusus buat rokok kalo ada koordinasi berikutnya, saya undang anda untuk ikut ngomong dan bergabung.

9. Opini atas "pemerkosaan " di DKI Jakarta

Jawab :
Saya prihatin atas kejadian-kejadian seperti ini, dari segi regulasi kita akan terus memperketat aturan pengoperasionalisasian dan juga pengawasan di lapangan. Perlu saya tambahkan, bahwa nantinya tidak ada lagi izin angkutan yg diberikan kepada individu (hanya diberikan pada perusahaan), sehingga pertanggungjawabannya lebih mudah, diharapkan. Juga nantinya kendaraan angkutan kecil kemungkinan akan di konversikan menjadi bis-bis angkutan massa yg lebih besar.

10.  Opini atas Pungutan liar oleh OrMas

Jawab :
"Tidak benar kalau kami membiarkan hal tersebut. Negara ini adalah negara hukum, di mata hukum siapapun punya kedudukan yg sama, yg bersalah akan dituntut dan dikenakan sanksi sesuai peraturan hukum yg berlaku"

11.Opini atas "Genangan Air "

Jawab :
" Kalo hujan deras 3 hari gak berhenti-henti di Jakarta ditambah lagi hujannya tidak berhenti di kawasan "hulu" maka mungkin dipastikan akan bertambah banyak, karena itu kita berharap agar curah hujannya tidak separah itu. Sementara upaya perbaikan prasaran dan sarana pengendalian banjir terus diupayakan.
Sementara ini dari kawasan rawan banjir di Jakarta masih ada kurang lebih 62, yang tahun ini dan tahun 2013 akan kita tuntaskan. Selain daripada itu masih ada 123 titik rawan genangan di jalan-jalan utama Jakarta, ini pun akan tuntas dalam tahun ini dan tahun depannya."

12. Opini atas "Jalur Jalan" 

Jawab :
"Jalur jalan yg rusak secara continue kita perbaiki, namun musuh utama dari aspal adalah air hujan, sehingga perbaikan yg kita lakukan selama musim hujan ini acap kali rusak kembali.  Segera setelah musim hujan selesai, kami akan lakukan perbaikan secara permanen. Untuk sementara saya minta kita semua untuk lebih berhati-hati."

13. Opini atas Pencalonan Gubernur kembali

Jawab :
"Amanah yang saya terima dari Allah SWT, sebagaimana manusia biasa segalanya kita kembalikan kepada Yang Maha Kuasa. Terima kasih untuk doanya"

14. Opini untuk Kinerja Mendatang bila terpilih kembali 

Jawab :
" Pembangunan tidak berhenti dengan berakhirnya masa jabatan seseorang. Apa yang sudah baik perlu dilanjutkan, yang kurang baik direview disempurnakan semuanya ini sebagian besar sudah tercantum rencana pembangunan jangka menengah dan jangka panjang ibukota Jakarta.
Yang perlu dijamin agar manfaat sebesar-besarnya dapat dinikmati oleh masyarakat luas dan untuk itu pembangunan di Jakarta akan lebih diarahkan agar berbasis pada komunitas-komunitas (community based development)."

15. Opini atas kejahatan Angkutan Umum.

Jawab :
"Saya prihatin atas meningkatnya kejahatan yang dimaksud. Dari aspek regulasi, kami memperketat aturan pengoperasian dan perizinan, kemudian pengawasan di lapangan akan diperketat."


16. Opini atas "Air Tanah" DKI Jakarta

Jawab :

"Kondisi air tanah Jakarta memang memprihatinkan. Untuk itu, kita sudah memperketat peraturan pemanfaatan khususnya air tanah dalam, dan hal ini diatur dengan Perda. Setiap pemanfaat diharuskan membayar tarif yg cukup tinggi. Saya akui pengawasannya masih kurang ketat. Perlu diketahui, bahwa untuk pemanfaatan air permukaan (bukan deep well) tidak dikenakan biaya. Dan ini juga yg turut menyebabkan penurunan permukaan tanah di sebagian wilayah Jakarta. Pemerintah daerah, dalam waktu dekat akan membangun suatu pabrik penjernihan air baru di kawasan Jatiluhur. Kemudian air ini akan disalurkan melalui pipa bawah tanah (75km) langsung ke Jakarta. Kapasitasnya +/_ 9000m3/detik. Kalau air ini sudah tersedia, maka kami akan larang semua pemanfaatan air tanah. Kita harus membangun budaya bahwa air adalah sesuatu yg harus kita lestarikan. "

17. Opini atas "Penumpang Wanita" Busway

Jawab :
" Yang penting penumpang busway wanita akan kami perhatikan keselamatannya. Pengaturan alokasi tempat sedang dalam proses evaluasi, mudah-mudahan ini cukup efektif "

18. Opini atas "Ducting " DKI Jakarta

Jawab :

"Kondisi yang memprihatinkan ini sudah berlangsung sejak lama. Sumber penyebabnya adalah pembiayaan proyek yang tidak sinkron atau tidak mungkin digunakan pada saat yang bersamaan. Ini berakibat in-efisiensi yang luar biasa. Jangka panjang Pemda DKI sudah merancang Ducting dibawah tanah disepanjang jalur-jalur utama jalan Jakarta. Ini memerlukan biaya yang sangat tinggi dan belum bisa dilaksanakan saat ini.Apabila ducting tersedia maka semua pihak penyedia jasa utilitas harus menyewa space didalam ducting tersebut sehingga cerita gali urug tidak lagi mengganggu kota Jakarta."
   
19.  Opini atas "Sterillisasi Jalur " Busway

Jawab :

Sterilisasi jalur merupakan prioritas peningkatan layanan busway mulai tahun 2012 ini. Ini akan dilakukan tanpa pandang bulu. Karena layanan bussway ini antara lain juga menjadi tidak menarik karena waktu tempuhnya tidak bisa dipastikan. Sekali lagi terima kasih atas masukkan anda dan juga prihatin atas terjadi penyerobotan-penyerobotan yang tidak bertanggung jawab. Kemudian akan memperbaiki layanan dengan mengontrol headway / jarak antar bis, melalui tracking system komputer sehingga dengan begitu palayanan akan lebih efisien, jumlah bis tahun akan ditambah. Sebagian besar akan diganti dengan bis gandeng yang berkapasitas lebih besar.

20.. Opini atas " Karya Anak Bangsa"

Saya sejak awal mendorong dan memfasilitasi semua produk SMK yg berkualitas untuk mendapatkan sertifikasi yg dibutuhkan agar produk tersebut dapat dipasarkan dan dibeli oleh siapa saja. Sebagai contoh: notebook yg saya gunakan dan banyak digunakan di kantor-kantor pemerintah kebanyakan sudah memakai produk SMK. 

Untuk kendaraan, banyak SMK DKI Jakarta sudah mulai memproduksi jenis-jenis tertentu. Sejak 2 tahun lalu saya sudah memfasilitasi untuk mendapatkan sertifikasi kelayakan dari Kementerian Perindustrian. Begitu juga produk pesawat latih yg dihasilkan oleh salah satu SMK di Jakarta, saya dorong untuk mendapatkan sertifikasi kelayakan dari Lembaga yg berwenang.

21. Opini atas Electronic Road Pricing dan Pajak Kepemilikan Kendaraan

Jawab :
"Pemda DKI tidak punya kewenangan untuk melarang orang membeli mobil/motor. Yang kami berlakukan adalah mengenakan pajak progresif bagi yg memiliki kendaraan lebih dari satu. Regulasi ini memang belum efektif, oleh karena itu kami juga akan memberlakukan pengaturan pembatasan penggunaan kendaraan untuk kawasan tertentu atau ruas jalan tertentu pada waktu tertentu, dimana kendaraan diharuskan membayar restribusi (electronic road pricing)."

22. Opini atas "Hobi Mobil Antik"

"Saya memang jadi tukang rawat mobil-mobil yg pernah dipakai oleh keluarga saya, mulai dari kakek sampai yg ada sekarang. Meskipun saat ini banyak yg menawar dengan harga tinggi, saya kurang paham apakah ini bisa dinilai sebagai investasi atau tidak. Yang jelas mobil klasik belum tentu menarik untuk dipakai buat nyari pacar. Soalnya sering mogok di jalan."



 Nara Sumber :

Detik Forum = http://forum.detik.com 
Share on Google Plus

About Octa Dandy Saiyar

Kelahiran Jakarta keturunan asli Bukittinggi, Sumatera Barat .
07 Oktober 1983.



    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Twitter Feed