REVERSE OSMOSIS






Schematics of a reverse osmosis system (desalination) using a pressure exchanger.
1: Sea water inflow,
2: Fresh water flow (40%),
3: Concentrate Flow (60%),
4: Sea water flow (60%),
5: Concentrate (drain),
A: High pressure pump flow (40%),
B: Circulation pump,
C:Osmosis unit with membrane,
D: Pressure exchanger

Reverse osmosis RO (Osmosis terbalik) adalah suatu metode penyaringan yang dapat menyaring berbagai molekul besar dan ion-ion dari suatu larutan dengan cara memberi tekanan pada larutan ketika larutan itu berada di salah satu sisi membran seleksi(lapisan penyaring). Proses tersebut menjadikan zat terlarut terendap di lapisan yang dialiri tekanan sehingga zat pelarut murni bisa mengalir ke lapisan berikutnya. Membran seleksi itu harus bersifat selektif atau bisa memilah yang artinya bisa dilewati zat pelarutnya (atau bagian lebih kecil dari larutan) tapi tidak bisa dilewati zat terlarut seperti molekul berukuran besar dan ion-ion. Osmosis adalah sebuah fenomena alam yang terjadi dalam sel makhluk hidup dimana molekul "solvent" (biasanya air) akan mengalir dari daerah berkonsentrasi rendah ke daerah Berkonsentrasi tinggi melalui sebuah membran semipermeabel. Membran semipermeabel ini menunjuk ke membran sel atau membran apa pun yang memiliki struktur yang mirip atau bagian dari membran sel. Gerakan dari "solvent" berlanjut sampai sebuah konsentrasi yang seimbang tercapai di kedua sisi membran. 
Reverse osmosis adalah sebuah proses pemaksaan sebuah solvent dari sebuah daerah konsentrasi "solute" tinggi melalui sebuah membran ke sebuah daerah "solute" rendah dengan menggunakan sebuah tekanan melebihi tekanan osmotik. Dalam istilah lebih mudah, reverse osmosis adalah mendorong sebuah solusi melalui filter yang menangkap "solute" dari satu sisi dan membiarkan pendapatan "solvent" murni dari sisi satunya. 
Proses ini telah digunakan untuk mengolah air laut untuk mendapatkan air tawar, sejak awal 1970-an. 
A semipermeable membrane coil used indesalination

Proses Osmosis
Osmosis adalah proses alami. Ketika dua cairan konsentrasi yang berbeda dipisahkan oleh sebuah membran semipermeabel, cairan memiliki kecenderungan untuk bergerak dari rendah ke konsentrasi zat terlarut tinggi untuk keseimbangan potensial kimia.
Puralife
Secara formal, reverse osmosis adalah proses memaksa pelarut dari daerah konsentrasi zat terlarut tinggi melalui membran semipermeabel ke daerah konsentrasi zat terlarut rendah dengan menerapkan tekanan melebihi tekanan osmotik. Aplikasi terbesar dan paling penting dari reverse osmosis adalah pemisahan air murni dari air laut dan air payau, air laut atau air payau bertekanan terhadap satu permukaan membran, menyebabkan transportasi garam-menipis air melintasi membrane dan munculnya air minum dari sisi tekanan rendah.

Membran yang digunakan untuk reverse osmosis memiliki lapisan padat dalam matriks polimer - baik kulit membran asimetris atau lapisan interfasial dipolimerisasi dalam membran tipis-film-komposit - di mana pemisahan terjadi. Dalam kebanyakan kasus, membran ini dirancang untuk memungkinkan air hanya untuk melewati melalui lapisan padat, sementara mencegah bagian dari zat terlarut (seperti ion garam). Proses ini mensyaratkan bahwa tekanan tinggi akan diberikan pada sisi konsentrasi tinggi membran, biasanya 2-17 bar (30-250 psi) untuk air tawar dan payau, dan 40-82 bar (600-1200 psi) untuk air laut, yang memiliki sekitar 27 bar (390 psi) [3] tekanan osmotik alam yang harus diatasi.Proses ini terkenal karena penggunaannya dalam desalinasi (menghilangkan garam dan mineral lainnya dari air laut untuk mendapatkan air tawar), namun sejak awal 1970-an itu juga telah digunakan untuk memurnikan air segar untuk aplikasi medis, industri, dan domestik.

Osmosis menjelaskan bagaimana pelarut bergerak antara dua solusi yang dipisahkan oleh sebuah membran permeabel untuk mengurangi perbedaan konsentrasi antara solusi. Ketika dua solusi dengan konsentrasi yang berbeda dari zat terlarut dicampur, jumlah total zat terlarut dalam dua solusi akan terdistribusi secara merata di jumlah total pelarut dari dua solusi. Daripada mencampur dua solusi bersama-sama, mereka dapat dimasukkan ke dalam dua kompartemen di mana mereka dipisahkan dari satu sama lain dengan membran semipermeabel. Membran semipermeabel tidak memungkinkan zat terlarut untuk berpindah dari satu kompartemen ke lainnya, namun memungkinkan pelarut untuk bergerak.Karena kesetimbangan tidak dapat dicapai oleh pergerakan zat terlarut dari kompartemen dengan konsentrasi zat terlarut tinggi untuk yang satu dengan konsentrasi zat terlarut rendah, itu bukan dicapai dengan pergerakan pelarut dari daerah konsentrasi zat terlarut rendah ke daerah-daerah konsentrasi zat terlarut tinggi.Ketika pelarut bergerak jauh dari daerah konsentrasi rendah, hal itu menyebabkan daerah-daerah untuk menjadi lebih terkonsentrasi. Di sisi lain, ketika pelarut bergerak ke daerah-daerah konsentrasi tinggi, konsentrasi zat terlarut akan menurun. Proses ini disebut osmosis. Kecenderungan untuk pelarut mengalir melalui membran dapat dinyatakan sebagai "tekanan osmotik", karena analog mengalir disebabkan oleh perbedaan tekanan. contoh Osmosis adalah difusi.

Dalam reverse osmosis, dalam setup yang sama seperti yang di osmosis, tekanan diterapkan ke kompartemen dengan konsentrasi tinggi. Dalam hal ini, ada dua kekuatan yang mempengaruhi gerakan air: tekanan yang disebabkan oleh perbedaan konsentrasi zat terlarut antara dua kompartemen (tekanan osmotik) dan tekanan eksternal diterapkan.

 Source : Wikipedia


What is  Reverse Osmosis?
Membran Reverse Osmosis itu khusus dirancang untuk menghilangkan kotoran kimia terlarut. Membran permeabel setengah Its memiliki 0,0001 mikron diameter pori. Pori-pori ini yang jauh lebih kecil dari kedua virus dan bakteri tidak memungkinkan mereka untuk melewati, terpisah dari semua kotoran lainnya. ??
When should I use Reverse Osomosis System ?  
  • Jika sumber air Anda membosankan juga.
  • Jika air sulit dan asin.
  • Jika Anda berada di dekat sebuah sabuk industri atau sumber yang terkontaminasi, air tanah Anda harus memiliki bahan kimia berbahaya seperti logam berat, nitrat, arsen, fluorida yang bahkan dalam jejak berbahaya.
  • Jika ada yang hipertensi atau memiliki penyakit jantung atau ginjal lemah, rendah sodium dan air kekerasan yang rendah sangat penting untuk tidak memperburuk gejala 
What Does a Reverse Osmosis Filter System Do?
Memproduksi Air Minum Menggunakan Reverse Osmosis
Meskipun Reverse Osmosis ** tampaknya seperti sistem yang kompleks itu benar-benar sebuah proses penyaringan air sederhana dan mudah. Dan itu bukan proses baru. Tekanan tinggi (pompa digerakkan) sistem reverse osmosis telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menghilangkan garam * air - untuk mengkonversi payau atau air laut untuk air minum. Memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana kerja sistem reverse osmosis akan menghilangkan misteri dan kebingungan Anda mungkin merasa ketika Anda melihat sebuah sistem reverse osmosis - dengan banyak tabung dan banyak filter berwarna. Baca terus untuk meningkatkan pengetahuan Anda tentang sistem osmosis terbalik perumahan. 
Poin yang paling penting untuk diingat
  • Semua Sistem RO bekerja dengan cara yang sama.
  • Kebanyakan RO (Reverse Osmosis) sistem mirip.
  • Semua Sistem RO memiliki komponen dasar yang sama.
  • Perbedaan yang nyata adalah kualitas filter dan membran dalam RO. 


How the Reverse Osmosis System Works
Reverse Osmosis adalah proses di mana padatan anorganik terlarut (seperti garam) dikeluarkan dari larutan (seperti air). Hal ini dilakukan dengan tekanan air rumah tangga mendorong air keran melalui membran permeabel semifinal. Membran (yang setebal plastik) memungkinkan hanya air untuk melewati, bukan kotoran atau mencemari. Kotoran dan mencemari memerah sia-sia.
Seperti yang telah kita sebutkan, semua sistem pemurnian kami menggunakan prinsip reverse osmosis. Reverse osmosis menggunakan tekanan tinggi untuk memaksa air melalui membran yang memiliki jutaan lubang kecil (0001 mikron atau sepersepuluh juta milimeter). Itu benar-benar kecil. Bahkan, jika Anda membentang membran atas Samudera Pasifik, setiap lubang akan menjadi seukuran koin R2.
Dengan melakukan ini, semua air bersih didorong ke tengah membran yang kemudian berjalan ke tangki air, sementara polusi dan padatan terlarut dalam air Anda dicuci dari atas permukaan membran dan sia-sia.
Below is a diagram to clear things up a bit:

Pada akhirnya, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Sistem Reverse Osmosis adalah:
  • Tekanan air masuk
  • Suhu Air
  • Jenis dan jumlah total padatan terlarut (TDS) dalam air keran
  • Kualitas filter dan membran yang digunakan dalam Sistem RO (lihat spesifikasi operasi) 
What does a Reverse Osmosis System Remove?
Sebuah membran reverse osmosis akan menghilangkan kotoran dan partikel yang lebih besar dari 001 mikron.

Komponen-komponen dasar yang umum untuk semua sistem reverse osmosis: 
  • Cold Water Line Valve:   Valve yang cocok ke garis air dingin pasokan. Katup memiliki sebuah tabung yang menempel pada sisi inlet dari pre filter RO. Ini adalah sumber air untuk sistem RO. 
  • Pre-Filter (s): Air dingin dari garis air pasokan memasuki pre filter RO pertama. Mungkin ada lebih dari satu pra-filter yang digunakan dalam sistem reverse osmosis. Yang paling umum digunakan pra-filter adalah filter sedimen. Ini digunakan untuk menghilangkan lumpur pasir, kotoran dan sedimen lainnya. Selain itu, filter karbon dapat digunakan untuk menghilangkan klorin, yang dapat memiliki efek negatif pada TFC (film tipis komposit) & TFM (bahan film tipis) membran. Karbon pra filter tidak digunakan jika sistem RO berisi CTA (selulosa tri-asetat) membran. 
  • Reverse Osmosis Membrane:   The membran reverse osmosis adalah jantung dari sistem. Yang paling umum digunakan adalah luka spiral yang ada dua pilihan: CTA (selulosa tri-asetat), yang merupakan klorin toleran, dan TFC / TFM (film tipis komposit / material), yang tidak klorin toleran. 
  • Pos filter (s): Setelah air meninggalkan tangki penyimpanan RO, tapi sebelum pergi ke kran RO, produk air melewati pos filter (s). Posting filter (s) umumnya karbon (baik dalam bentuk butiran atau blok karbon). Setiap selera tersisa dan bau dikeluarkan dari air produk melalui pos penyaringan. 
  • Automatic Shut Off Valve (SOV) Untuk menghemat air, sistem RO memiliki katup penutup otomatis. Ketika tangki penyimpanan penuh (ini mungkin berbeda berdasarkan tekanan air masuk) valve ini berhenti setiap air lebih lanjut dari memasuki membran, sehingga menghentikan produksi air. Dengan mematikan aliran katup ini juga berhenti air mengalir ke saluran. Setelah air diambil dari kran air minum RO, tekanan dalam tangki tetes dan menutup off katup terbuka, memungkinkan air mengalir ke membran dan air limbah (air yang mengandung kontaminan) untuk mengalir sia-sia. 
  • Check Valve : Sebuah check valve terletak di ujung keluar dari perumahan membran RO. The katup mencegah aliran mundur atau produk air dari tangki penyimpanan RO. Aliran mundur bisa pecah membran RO. 
  • Flow Restrictor:   Aliran air melalui membran RO diatur oleh kontrol aliran. Ada banyak gaya yang berbeda dari kontrol aliran. Perangkat ini menjaga laju aliran yang dibutuhkan untuk mendapatkan tertinggi kualitas air minum (berdasarkan kapasitas galon membran). Hal ini juga membantu menjaga tekanan pada sisi inlet membran. Tanpa kontrol aliran air minum sangat sedikit akan diproduksi karena semua air keran yang masuk akan mengambil jalur yang paling resistensi dan hanya mengalir ke saluran pembuangan. Kontrol aliran terletak di RO menguras baris tubing. 
  • Storage Tank: Standar tangki penyimpanan RO menampung hingga 2,5 galon air. Kandung kemih yang di dalam tangki air terus ditekan dalam tangki ketika penuh. 
  • Faucet: The RO Unit menggunakan kran sendiri, yang biasanya dipasang pada wastafel dapur. Di daerah di mana dibutuhkan oleh kode pipa kran sebuah celah udara umumnya digunakan.
  • Drain line : Baris ini berlangsung dari akhir outlet membran reverse osmosis perumahan ke sia-sia. Baris ini digunakan untuk membuang kotoran dan kontaminan yang ditemukan dalam sumber air masuk (air keran). Kontrol aliran juga diinstal di baris ini.
Diagram Sistem Reverse Osmosis dengan Komponen Dasar:

Quality of RO Membranes and Filters – They're not all alike! 
Sementara satu Sistem RO mungkin terlihat seperti berikutnya dalam hal desain dan komponen, kualitas komponen bisa sangat berbeda. Perbedaan ini dapat memiliki dampak yang signifikan pada kualitas air sistem menghasilkan.
Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan Anda mungkin bertanya dan konsekuensi yang terkait dengan "kurang diinginkan" kualitas.
  1. Apakah produsen menggunakan metode suara? Apa jenis las telah digunakan dalam produk-produk plastik? Akankah mereka memungkinkan air yang terkontaminasi untuk memotong sistem filtrasi? Apakah mereka akan memungkinkan sistem untuk bocor?
  2. Bagaimana filter ini atau membran dibuat? Apakah itu memungkinkan air untuk 'channel' dan, pada dasarnya, memotong komponen penghapusan perangkat ini?
  3. Bagaimana dengan kualitas 'mengisi'? Apakah itu isi dari kualitas yang cukup tinggi untuk menghasilkan persentase diharapkan pengurangan kontaminan? Kualitas karbon, misalnya, dapat memiliki variasi yang besar dalam kemampuan reduksi, kapasitas reduksi, dan peluruhan 'denda', yang waktunya dapat menyumbat atau mengotori Membran RO.
  4. Apa kontrol produsen pada toleransi atau variasi dalam spesifikasi? Jika komponen ini dinilai sebagai filter 1-mikron akan itu benar-benar menyaring segala sesuatu yang lebih besar dari 1 mikron atau akan hanya melakukan pekerjaan 80% dari waktu? Dan, bagaimana jika itu benar-benar menyaring pada tingkat 0,5 mikron? Itu akan menghentikan sistem mengalir - penyumbatan dan memaksa penggantian filter? Jika ini adalah filter sedimen dan gagal kelebihan sedimen akan menyumbat atau mengotori Membran RO.
  5. Dan secara umum - Apakah bahan yang digunakan dalam produk ini FDA atau NSF (National Safety Foundation) disetujui? Jika tidak, Anda mungkin mempertanyakan kualitas atau kemampuan kinerja. 
Jadi, menjadi jelas bahwa kualitas komponen adalah kunci untuk Sistem RO berfungsi optimal.
Diagram dari Osmosis Membrane Lookup:

Dimana saya dapat membeli Kualitas Reverse Osmosis System atau penggantian filter dan membran?
  1. Kami membawa penggantian filter dan membran untuk merek yang paling utama dari sistem Reverse Osmosis.
  2. Kami juga memiliki Sistem Reverse Osmosis baru yang tersedia untuk membeli.
* Menghilangkan garam - Penghapusan padatan anorganik terlarut (garam) dari solusi seperti air untuk menghasilkan cairan yang bebas dari garam terlarut.
** Osmosis - Kecenderungan alami untuk molekul air melewati membran permeabel setengah, dari sisi rendah kotoran terlarut ke sisi tinggi dalam kotoran terlarut.

Narasumber : GENTECH SYSTEM
Share on Google Plus

About Octa Dandy Saiyar

Kelahiran Jakarta keturunan asli Bukittinggi, Sumatera Barat .
07 Oktober 1983.



    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Twitter Feed